KumpulBlogger

31 Juli 2010

Contoh Paper Peramalan BBM

Dibawah ini merupakan paper yang dikirim dalam Seminar Nasional di Surabaya dengan topik seminar: Design and Application of Technology 2010 pada tanggal 15 Juli 2010 di UKWMS. Perserta juga dari berbagai kalangan baik universitas, lembaga penelitian. Ada juga perserta dari Philipina, Malaysia. Masing-masing peserta menyampaikan hasil penelitian selama beberapa bulan yang lalu termasuk saya dan dua orang teman satu jurusan yang menyampaikan hasil penelitian kerja praktek pada perusahaan yang berbeda.

Paper ini masih jauh dari sempurna. Banyak kekurangan-kekurangan disana sini. Bagi para pembaca sekalian dapat memberikan saran, kritik apabila topik tersebut menurut anda menarik untuk bahan penelitian lebih lanjut. Ataupun hanya sekedar untuk menambah bahan referensi bacaan Anda.

Sebuah paper biasanya minimal terdiri sebagai berikut. Pertama:pendahuluan yang menguraikan latar belakang, tujuan, manfaat penelitian. Selanjutnya yang kedua berisi: metode penelitian yang digunakan. Ketiga: hasil penelitian dan pembahasan. Keempat: Kesimpulan. Kelima: sumber atau referensi yang digunakan.

Waktu untuk mempresentasikan paper dibatasi antara 10-15 menit/peserta. Rahasianya untuk menggunakan dan memanfaatkan waktu yang singkat harus dibuat presentasi yang sesingkat mungkin namun tetap berisi: permasalahan, metode, hasil, kesimpulan. Setelah presentasi selesai biasanya dari para peserta akan mengajukan pertanyaan sesuai dengan yang dipresentasikan. Pertanyaan juga terbatas antara 2-3 pertanyaan. Kita juga dapat mengajukan pertanyaan pada peserta lain yang menurut kita perlu.

Sebelum full paper dikirim lengkap terlebih dahulu peserta seminar akan diminta mengirimkan abstrak penelitian. Hal ini untuk memastikan paper yang dibuat diterima, diterima namun ada catatan dari reviewer, ataupun ditolak. Peserta yang papernya diterima diharuskan untuk mengirimkan full paper via email dan melengkapi semua administrasi yang diminta panitia.

Untuk format penulisan paper sendiri tergantung dari pihak/instansi atau panitia penyelenggara seminar. Biasanya para pemakalah/peserta akan diberikan format baku yang telah ditentukan oleh panitia seminar. Format tersebut dimaksudkan agar paper yang dibuat terdapat keseragaman format sehingga panitia tidak lagi perlu untuk mengedit ulang paper yang dikirim peserta via email. Biasanya full paper yang dikirim ke panitia dalam kondisi siap cetak yang akan dikelompokkan sesuai dengan topik penelitian masing-masing. Hasil cetakan dalam bentuk buku tebal yang dinamakan “proceding” yang berisi hasil penelitian para peserta seminar dan biasanya peserta akan mendapatkan masing-masing satu “proceding”.

Untuk contoh paper yang telah jadi dalam bentuk .doc dan .ppt apabila Anda berminat dan tertarik dengan topik peramalan (forecasting), silahkan download pada link di bawah ini.

Download File .doc dan .ppt

Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 0 comments ke “Contoh Paper Peramalan BBM”

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra