KumpulBlogger

22 Maret 2009

Jalan Lintas Daerah di Kalteng Masih yang Banyak Rusak Berat

Suatu daerah yang akan berkembang harus di dukung oleh sarana jalan yang baik sebagai penghubung daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Minimal infrastruktur jalan yang bagus dan layak untuk dilalui kendaraan. Hal tersebut bila dibiarkan akan mempengaruhi kegiatan perekenomian daerah yaitu berupa aliran barang, jasa, orang. Jangan mengherankan harga barang di daerah kabupaten di sana melambung tinggi yang merupakan salah satu dampaknya. Lagi-lagi rakyat kecil yang merasakan hal tersebut namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa untuk masalah tersebut yang ada hanyalah keluhan-keluhan yang terlontar keluar dari masyarakat mengapa harga semua kebutuhan naik. Seakan-akan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah sulit jangankan untuk memenuhi yang lainnya seperti menabung, menyekolahkan anak ke jenjang pendidikan yang tinggi, liburan kelurga, shopping, dll.




Semua orang pasti mengetahui bahwa semakin jauh aliran suatu barang dari tempat produksinya maka komponen biaya yang timbul juga akan semakin tinggi salah satunya untuk biaya transportasi, perawatan kendaraaan, termasuk pungli, dll. Semakin jauh pendistribusian produk menyebabkan harga yang diterima oleh konsumen akhir juga akan tinggi. Jarak pendistribusian dengan biaya yang dikeluarkan berbanding lurus. Ini akan mempengaruhi turunnya daya beli masyarakat apabila terjadi dalam jangka yang cukup lama. Namun di satu sisi lagi tidak ada pelaku bisnis yang menginginkan kerugian, semuanya pasti ingin ada keuntungan yang sebesar-besarnya dari kegiatan ekonomi yang dijalankan. Sebagai pedagang, tidak ada yang gratis semua pasti ada harga yang harus dibayar apabila ingin mendapatkan suatu barang. Hal tersebut menurut saya wajar dan memang begitu adanya yang terjadi di sekitar kita.

Pertanyaan saya mengapa harga barang-barang didaerah pedalaman sana sangat mahal sampai-sampai bisa dua kali lipat harga yang diterima konsumen bila dibandingkan dengan di Pulau Jawa, misalnya. Alasannya karena waktu pendistribusian yang lama sehingga biaya yang timbul juga akan bertambah besar misalnya mulai dari pelabuhan hingga tiba didaerah pedalaaman sana dan ini akibat jalan yang rusak parah. Apalagi dalam beberapa bulan terakhir ini seringnya turun hujan yang juga mempercepat rusaknya jalan. Tidak jarang truk-truk pengangkut barang sembako harus bermalam dijalan akibat truk tersebut terjebak dalam kubangan lumpur yang dalam. Kendaraan pengangkut barang berhari-hari terjebak disatu titik yang sama. Kalau sudah begini siapa yang disalahkan? Apakah pemerintah daerah yang kurang memperhatikan daerahnya karena tidak mengetahui akibat tidak pernah turun langsung ke daerah, atau juga karena kendaraan pengangkut barang mengalami kelebihan muatan (overload capacity), atau juga karena faktor cuaca, datangnya musim penghujan pada beberapa bulan terakhir ini.

Dibeberapa ruas jalan yang menghubungkan beberapa daerah juga keadaannya rusak berat. Banyak titik-titik kritis yang memerlukan penanganan yang serius dan dengan segera. Apalagi dengan ruas jalan yang belum tersentuh pengaspalan atau pengerasan dengan koral atau batu kerikil dikala musim penghujan turun seperti sekarang ini berpotensi menimbulkan kerusakan-kerusakan pada beberapa titik tertentu yang sebenarnya pada musim kemarau masalah tersebut tidak ada. Jalan yang rusak juga menyebabkan harga hasil seperti karet, rotan, damar juga menjadi tidak ada harganya. Para pengumpul membeli dengan harga yang murah sekali, turun dari harga biasanya akibat lama waktu di jalan akibat jalan yang rusak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jalan yang rusak dapat menyebabkan terganggunya rantai perekonomian daerah. Biaya perawatan kendaraan tinggi, waktu pendistribusian bertambah lama, adanya biaya-biaya tambahan, harga hasil alam masyarakat yang turun, harga barang yang mahal. Hal-hal tersebut merupakan sebagian dampak yang ditimbulkan akiabat jalan lintas daerah yang rusak. Perlunya kerjasama semua pihak terutama para pemerintah daerah bagaimana mengatur daerah dengan baik agar tercipta daerah yang maju sehingga mampu bersaing dengan daerah yang lain di Indonesia, apalagi sekarang pemilihan umum sebentar lagi ada baiknya para caleg sekali-kali turun kedaerah untuk mengetahui kondisi di sana sekaligus berkampanye siapa tahu mendapatkan banyak suara dari sana, namun jangan lupakan masyarakat kalau terpilih nantinya. Maju terus daerah yang masih belum diperhatikan.

Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 2 comments ke “Jalan Lintas Daerah di Kalteng Masih yang Banyak Rusak Berat”
Aditya Perdana mengatakan...
pada hari 

sepertinya hampir sebagian besar jalan trans kalimantan masih jauh dari nyaman. saya di kalimantan timur sendiri jalan trans antar kabupaten/kotanya juga masih jauh, perlu banyak perbaikan...

entah sampai kapan...

beny m mengatakan...
pada hari 

Benar bgt tuh sob..
di kalteng juga masih parah akses jalan k daerah2'y.
Masih jauh dari nyaman.
Apalagi musim penghujan, lumpuh total.
Moga d masa mendatang banyak perubahan dan d perhatikan oleh para pemimpin daerah.
Terima kasih bwt kunjungan'y.
Salam kenal..

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra