30 Maret 2009

Material Requiretment Planning, Inventory Management, Distribution Requiretment Planning

Dalam suatu proses produksi selalu ada proses yang berhubungan dengan penanganan bahan, pengendalian kualitas, pengelolaan persediaan maupun juga pengemasan barang. Salah satu hal yang sangat penting di dalam suatu proses produksi adalah pengelolaan persediaan. Dalam mengelola persediaan, dibutuhkan suatu teknik atau cara untuk mengelola persediaan tersebut. Salah satu teknik yang digunakan untuk mengelola persediaan ini adalah Material Requirement Planning (MRP).
Material Requirement Planning ini merupakan suatu tekinik atau cara yang digunakan untuk mengelola persediaan dalam suatu proses manufaktur. Dengan menggunakan MRP, kita dapat melakukan pembatalan pesanan, pemesanan ulang, ataupun penjadwalan ulang atas jadwal yang sudah direncanakan. Selain itu, dapat pula menentukan kebutuhan material ataupun kebutuhan minimal setiap item melalui sistem penjadwalan. MRP ini akan memudahkan proses manufaktur dalam mengelola persediaan perusahaannya menjadi lebih baik lagi.


Dalam sebuah perusahaan manufaktur, organisasi, rumah sakit, universitas maupun peternakan secara umum sudah mengenal istilah inventory. Inventory dapat diartikan sebagai nilai dari stock barang yang dimiliki oleh organisasi pada waktu tertentu. Namun, dalam bidang teknik industri, inventory yang akan dibahas adalah stock on hand pada waktu tertentu (asset yang berwujud, yang dapat dilihat, diukur dan dihitung. Inventory ada dalam suatu perusahaan karena ketidaksesuaian antara pasokan dan kebutuhan. Dalam mengatur dan mengelola inventory, selalu terdapat biaya simpan dan juga biaya setup.

Untuk mengelola inventory dengan baik, digunakan teknik lot sizing agar dapat menentukan lot ekonomis yang harus dipesan. Adapun beberapa alternatif cara yang digunakan dalam teknik lot sizing, yaitu Lot For Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ), Production Order Quantity (POQ), Least Unit Cost (LUC), Least Total Cost (LTC), Part Period Balancing (PPB), Silver Meal dan Wagner Within. Dari adanya perhitungan lot sizing ini, dapat diperoleh biaya total dari proses pemesanan dan juga diketahui berapa biaya setup dan biaya simpan yang harus dikeluarkan.


Sebelum melakukan proses pengiriman barang, diperlukan suatu teknik pengelolaan pendistribusian persediaan agar distribusi berjalan dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, maka digunakan Distribution Requirement Planning (DRP) agar pengiriman dapat ditentukan dengan baik. DRP ini dapat mempunyai kemampuan untuk mengelola persediaan terutama pada bidang pengiriman. Oleh karena itu, dengan adanya DRP suatu perusahaan dapat menyeimbangkan jumlah pasokan material dengan kebutuhan produksi. Selain itu, pengriman persediaan kepada pelanggan pun dapat dilakukan dengan efektif. Dengan adanya sistem DRP, diharapkan perusahaan dapat melakukan penghematan biaya logistik melalui perencanaan kapasitas transportasi dan penugasan pengiriman yang efektif dan efisien.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download filenya di sini

Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 2 comments ke “Material Requiretment Planning, Inventory Management, Distribution Requiretment Planning”
Kerja keras adalah energi kita mengatakan...
pada hari 

Thanks

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...
pada hari 

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI DUNIA GHAIB

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra