29 Mei 2009

Perancangan Indikator, Instrument Pengukuran, Tindakan Perbaikan Mutu

Perancangan Indikator Mutu
Salah satu alasan konsumen membeli dan menggunakan suatu produk adalah manfaat, kepuasaan, nilai yang akan didapat (value added). Konsumen memilih produk dengan menggunakan kriterianya sendiri, apakah melihat brand produk tersebut sebagai penilaian pertama, kegunaan produk tersebut, mutu produk. Sudut pandang konsumen dalam menentukan dan memilih produk tentunya beraneka ragam, hal ini disebabkan banyaknya produk yang tersedia dengan berbagai fungsi dan tujuan. Selain itu faktor-faktor lain seperti harga suatu produk turut memberikan suatu aspek kriteria pemilihan bagi konsumen. Produsen atau pelaku produksi selalu menekankan harga yang optimal, yaitu harga yang ditawarkan produk tersebut harus sebanding dengan biaya untuk proses produksinya sehingga keuntungan yang didapatkan maksimal atau mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
Produk dari sudut pandang konsumen yang beraneka ragam tentunya membawa permasalahan yang cukup banyak sehingga perlu untuk dicarikan solusi yang benar agar tercipta persaingan yang sehat antara produsen dan konsumen dapat memiliki suatu acuan dalam memilih produk. Standarisasi mutu produk merupakan jawaban yang tepat untuk mengisi kekosongan sementara sebelum dipikirkan solusi tepat lainnya dikemudian hari.

Tercapainya sebuah kepuasaan bagi konsumen bukan berarti produsen berhenti melakukan inovasi terhadapnya produknya, tetapi dijadikan tolakan awal untuk membuat inovasi lain yang akan memberikan kepuasaan lebih kepada konsumen yang secara tidak langsung memberikan profit kepada produsen walaupun harus memperhatikan standarisasi mutu produk. Hal ini dilakukan secara terus-menerus sehingga kebutuhan dari konsumen akan selalu dipenuhi. Karena itu produsen selalu membuat inovasi-inovasi yang baru lagi yang berbeda-beda dari sebelumnya. Ini apabila dilakukan secara terus-menerus akan membuat produsen mampu bersaing dengan produk yang lain yang banyak beredar di pasaran dan menjadi nilai tambah tersendiri bagi produsen tersebut.

Instrument Pengukuran Mutu
Standarisasi mutu produk telah dijelaskan sebelumnya mempunyai peranan penting dalam pemilihan suatu produk oleh konsumen. Hal ini apabila menurut konsumen, produk yang ada sesuai dengan kriteria yang diinginkan maka akan berakhir dengan transaksi pembelian dari produk yang ditawarkan oleh produsen. Oleh karena itu, produsen harus memperhatikan produknya dengan berbagai kriteria penilaian apakah produk tersebut pantas dijual ke pasaran atau tidak. Skala produksi yang besar tentunya akan lebih menyulitkan lagi para produsen untuk menemukan suatu standarisasi produk apakah yang cocok untuk berbagai jenis produknya.
Produk harus bisa dinilai terlebih dahulu, dalam unit satuan atau kuantitas yang banyak, apakah dapat memenuhi keinginan konsumen atau tidak. Beberapa aspek lainnya yang mempengaruhi penilaian adalah waktu dan biaya. Penilaian kuantitas yang banyak (populasi produk) akan lebih sulit dan akan menghabiskan waktu dan biaya yang banyak daripada perunit (satuan produk), maka diperlukan suatu metode yang meminimasi waktu dan biaya, agar nantinya tidak membebani konsumen dengan biaya yang terlalu tinggi. Intinya untuk menentukan standard mutu bersumber dari konsumen datangnya. Oleh sebab itu pengukuran dilakukan setelah pihak dari produsen melakukan survey pasar (market research) sebelum produk di produksi dalam jumlah yang besar lagi.

Tindakan Perbaikan Mutu
Probabilitas atau kemungkinan produksi gagal selalu ada, maka harus dibuat suatu metode untuk menanggulangi kemungkinan tersebut. Penanggulangannya bisa dilakukan terhadap produk atau sistem produksinya, dengan cara memperbaiki atau bahkan menggantinya, atau jika tidak bisa diperbaiki maka produk tersebut dibuang. Namun apabila solusi terakhir dilakukan maka produsen akan mengalami kerugian yang besar apabila dilakukan dalam jumlah yang banyak. Ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kepada keuntungan yang diperoleh oleh produsen dan akan mempengaruhi juga harga jual produk tersebut sehingga konsumen juga akan menaggung beban dalam hal ini.
Metode penanggulangan harus dapat memecahkan permasalahan secara menyeluruh, serta membuat suatu solusi, yaitu solusi untuk permasalahan yang akan muncul tiba-tiba di kemudian hari agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar dan kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Melakukan perbaikan secara terus-menerus tetapi tidak mengeluarkan biaya yang tinggi dalam proses perbaikannya. Ini perlu dipilih metode yang sesuai dengan kondisi perusahaan yang ada saat ini. Bagaimana menghasilkan produk yang bermutu tinggi dengan cara yang tidak mahal dan memberatkan perusahaan. Untuk lebih lengkapnya download di sini

Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 1
KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...
pada hari 

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI DUNIA GHAIB

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra