14 Juni 2009

Keyboard Shortcut pada Microsoft Office

Banyak sekali kombinasi Shortcut pada Keyboard yang bisa digunakan. Tergantung kesenangan masing-masing users komputer dalam penggunaannya sehari-hari. Misalnya ada users yang merasa senang dan nyaman dalam menggunakan kombinasi-kombinasi pada keyboard namun ada juga users yang merasa senang mengikuti langkah-langkah umum yang lumayan panjang. Contohnya: ingin mengcopy sebuah paragraph, hal yang umum dilakukan yaitu blok paragraphnya­­­­­­, klik kanan mouse, copy, klik kanan lagi, lalu paste pada tempat yang diinginkan. Sedangkan dengan kombinasi keyboard tempatkan pointer pada awal paragraph, tekan CTRL + SHIFT + navigator kebawah, CTRL + C lalu CRTL+ V pada tempat yang diinginkan. Hasil yang didapat akan samaa saja. Inti menggunakan kombinasi Shortcut Keyboard adalah untuk meminimal penggunaan dari mouse. Memang pada hal-hal tertentu tidak bisa semuanya dilakukan dengan shortcut keyboard, tetap juga peran mouse diperlukan.


1.ALT + TAB
Kombinasi ini digunakan untuk memudahkan berpindah-pindah dari satu dokumen ke dokumen yang lain yang telah terbuka sebelumnya. Caranya: tekan secara bersamaan kombinasi ALT + TAB pada keyboard maka akan muncul tampilan file-file yang telah terbuka sebelumnya. Tekan tombol TAB secara terus-menerus sampai pada file yang ingin dibuka tanpa melepas juga tombol ALT (ALT ditekan secara terus-menerus juga tanpa dilepas).

2.ALT + SHIFT + TAB
Kombinasi ini fungsi hampir sama dengan kombinasi pada no.1 diatas. Bedanya hanya pada pergerakan shortcut yang bergerak dari arah kanan ke kiri.

3.CTRL + W atau CTRL + F4
Digunakan untuk menutup window yang sedang aktif.

4.ALT + F5
Untuk mengembalikan tampilan window yang ukuran telah aktif ke minimize setelah dilakukan maximize.

5.CTRL + F10
Fungsi hampir sama dengan ALT + F5 namun dapat mengembalikan window yang di minimize ke maximize atau sebaliknya.

6.PRINT SCREEN
Digunakan untuk mengcapture file-file yang aktif pada layar dan hasil capture tersebut dapat disimpan dalam bentuk gambar yang berformat .png, Untuk menyimpan dalam bentuk gambar caranya: setelah menekan tombol Prt Sc pada keyboard, bukalah Paint (Start, All Programs, Accessories, Paint) lalu paste (Ctrl + V). Cara menyimpan dalam bentuk gambar: File--> Save As. Coba juga kombinasi ALT + PRINT SCREEN, dan lihatlah perbedaan hasil yang terjadi dengan menggunakan PRINT SCREEN.

7.F5
Digunakan untuk mencari bagian-bagian tertentu pada sebuah dokumen yang telah diterbuka secara spesifik. Terdapat tiga pilihan yang dapat digunakan diantaranya: Tab Find, Tab Replace, Tab Go To. Tab Find digunakan untuk mencari kata-kata yang spesifik. Caranya: ketik kata yang ingin dicari pada sebuah dokumen yang telah terbuka lalu tekan enter. Kata-kata yang dicari akan terblok secara otomatis pada dokumen.


8.F12
Digunakan untuk perintah Save As melalui keyboard dengan cepat tanpa melalui langkah-langkah yang panjang seperti biasanya.

9.F1
Digunakan untuk mencari dan mengetahui hal-hal yang belum dimengerti oleh users tentang bagaimana cara menggunakan menu-menu dan fungsi-fungsinya yang ada. Dapat juga dikatakan sebagai tutorial, panduan oleh users yang masih belum mengerti. Misalnya users ingin mencari bagaimana mengatur format font yang ada di microsoft word, tinggal tekan F1 pada keyboard lalu ketikan format font kemudian tekan enter atau tombol seacrh. Tampilannya seperti berikut:


10.Masih banyak lagi
Masih banyak lagi kombinasi Shortcut yang dapat dilakukan dengan menggunakan Keyboard. Tulisan ini hanya sebagian kecil saja. Untuk mendapatkan lebih banyak lagi, buka dulu Microsoft Word/Excel lalu dengan menekan tombol F1 pada keyboard kemudian ketik Basic Shortcut Office pada teksbox lalu tekan enter atau search. Selamat mencoba.



Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 1
KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...
pada hari 

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI DUNIA GHAIB

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra