KumpulBlogger

30 Maret 2009

Praktikum Antropometri, Biomekanika, Display dan Fisiology

Dalam bidang industry kita akan mengenal dengan antrpometri yaitu pengetahuan yang menyangkut pengukuran tubuh manusia khususnya dimensi tubuh. Dari hasil pengukuran di dapat hasil yang dimana akan digunakan untuk menentukan berapa ukuran yang harus digunakan untuk merancang sebuah produk.
Untuk dapat merancang sistem kerja yang sesuai dengan kebutuhan manusianya sebagai pekerja, diperlukan ilmu antropometri untuk mengetahui kemampuan dan keterbatasan manusia dalam melakukan pekerjaan. Dengan menggunakan antropometri ini, kita dapat mengetahui dimensi tubuh manusia, mulai dari ujung kaki sampai dengan ujung rambut. Dengan data ukuran dimensi tubuh inilah, kita sebagai perancang sistem kerja dapat membuat dan juga memperbaiki sistem kerja yang ada agar dapat lebih baik lagi dari sebelumnya dan juga sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan yang dimiliki operator sebagai pekerja.


Dalam bidang industri semua pekerja, karyawan atau operator harus memiliki kekuatan yang besar khususnya otot karena dalam dunia industry yang dibutuhkan bukan hanya operator atau karyawan yang memiliki keahlian khusus tapi kekuatan otot juga sangat penting karena dalam dunia industry pekerja atau karyawan, dimanapun dapat mengalami kelelahan atau fatigue.
Untuk menghindari kelelahan atau fatigue diperlukan pengetahuan yang menyangkut kekuatan tubuh manusia khususnya otot (Biomekanika) , ini sangat diperlukan oleh pekerja atau karyawan untuk menganalisis kesehatan dan keselamatan kerja pekerja atau karyawan dalam system kerja tertentu. Dalam praktikum yang saya jalani saya melakukan pengukuran kekuatan otot untuk mengetahui apakah dengan mengangkat beban atau barang keselamatan pekerja sudah aman atau tidak aman untuk dilakukan pengangkatan barang.
Untuk menciptakan proses pengangkutan yang aman, maka dapat dibuat dan dihitung RWL (Recommended Weight Limit) dan juga LI (Lifting Index). RWL dihitung agar diketahui berapa berat benda yang dapat direkomendasikan untuk diangkut oleh seorang pekerja, sedangkan LI dihitung agar diketahui apakah proses pengangkutan yang dilakukan aman untuk dilakukan atau tidak. Ukuran aman untuk lifting index ini berkisar antara 1-3, jika nilai LI sudah lebih dari 3, maka pengangkutan tidak aman untuk dilakukan. Dengan adanya bantuan dari biomekanika ini kita dapat mengetahui kemampuan manusia khususnya kekuatan otot manusia, terutama dalam hal mengangkut barang.


Dalam melakukan suatu pekerjaan, tidak hanya bagian tubuh luar (fisik) saja yang yang harus diperhatikan, tetapi juga harus diperhatikan kondisi dalam tubuh manusia (yang bersifat faal). Dalam melakukan kerja fisik, kriteria pengaruh pekerjaan terhadap manusia yang dapat digunakan antara lain adalah sebagai berikut: kriteria faal (denyut jantung, konsumsi oksigen, tekanan darah, dan lain-lain), kriteria kejiwaan (kejemuan, motivasi, emosi, dan lain-lain), dan kriteria hasil kerja (output/hasil kerja yang dihasilkan pekerja setelah melakukan suatu pekerjaan). Dengan dipelajarinya fisiologi, perancang sistem kerja dapat menciptakan sistem kerja yang baik dan juga sehat karena dengan fisiologi ini dapat diciptakan kesehatan kerja untuk suatu sistem kerja.

Selain memperhatikan kondisi tubuh seorang pekerja, diperlukan juga suatu tanda yang dapat mempermudah pekerjaan manusia yang sering disebut dengan display. Display yang baik adalah display yang dapat memberikan penjelasan sebaik mungkin dan tidak ambigu (berpengertian ganda). Display perlu dibuat dengan warna yang kontras, ukuran huruf yang sesuai dengan jarak pandang yang diinginkan, dan juga pencahayaan yang baik. Dengan dibuatnya display dalam suatu pekerjaan, pekerja dapat lebih mudah untuk melakukan pekerjaannya dan memberikan informasi yang sekiranya penting dalam melakukan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan downlad file di link yang ada di bawah ini:
File bab I-III di Sini
File bab IV-VI di sini

Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 3 comments ke “Praktikum Antropometri, Biomekanika, Display dan Fisiology”
beny m mengatakan...
pada hari 

Thanks for your time the visited my blog. Any time come back in this my blog.

Rail Su mengatakan...
pada hari 

pengen share tentang biomekanika dan ergonomi, please visit:
http://ergofit.blogspot.com/2011/09/biomekanika.html
http://ergofit.blogspot.com/search/label/Biomekanika

Unknown mengatakan...
pada hari 

Bisa rekomendasi buku tentang materi itu ga?

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra