KumpulBlogger

26 Maret 2009

Pengukuran Waktu Proses, Waktu Belajar, Kurva Belajar

Proses merupakan inti dari suatu sistem, dimana dapat dikatakan bahwa proses adalah cara kerja yang dilakukan baik oleh manusia atau mesin untuk menghasilkan output. Output yang dihasilkan tergantung bagaimana baik atau tidaknya input dan proses.
Sedangkan produksi adalah kegiatan untuk mengolah bahan baku menjadi barang yang mempunyai nilai tambah sehingga dapat dijual dan kemudian mendapatkan profit atau laba dari penjualan tersebut.

Pengukuran waktu proses adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu proses produksi. Hal ini penting dilakukan karena dalam tahap selanjutnya terdapat pemilihan alternative metode kerja yang kriterianya adalah sebagai berikut, yaitu:
a.Waktu
b.Ongkos

Yang dicari dengan melakukan pengukuran ini adalah waktu yang sebenarnya dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Karena waktu penyelesaian ini tidak pernah diketahui sebelumnya maka harus diadakan pengukuran. Idealnya dilakukan pengukuran yang cukup untuk memperoleh data, dari data tersebut akan didapat jawaban yang mendekati benar. Tetapi hal ini tidak mungkin dilakukan karena faktor berikut, yaitu:
a.Keterbatasan waktu
b.Keterbatasan tenaga
c.Keterbatasan biaya


Kurva belajar merupakan tingkatan ketiga dari proses perakitan dimana disini kita akan melihat siklus dan waktu siklus yang tergambar pada kurva. Disini kita dapat melihat apakah seorang pegawai dapat bekerja dengan normal, lambat, atau cepat. Tindak lanjut dari kurva tersebut ialah membuat keputusan apakah pegawai tersebut dapat dipertahankan atau diberhentikan dengan melihat faktor-faktor yang ada. Dengan kata lain, kita harus dapat melihat faktor yang datangnya dari luar dan dalam. Dari luar, bisa berupa kondisi lapangan kerja seperti pencahayaan, tingkat kelembapan, tingkat kebisingan, kondisi tempat kerja, keadaan dalam keluarga pekerja. Sedangkan dari dalam ialah dilihat dari kemampuan cepat, normal, atau lambat seseorang pekerja untuk melakukan pekerjaannya. Sehingga pada akhirnya kita dapat menentukan jenis pekerjaan yang cocok dengan seorang pegawai dilihat dari cepat atau tidaknya suatu pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.


Untuk lebih lengkapnya anda download file di sini

Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 0 comments ke “Pengukuran Waktu Proses, Waktu Belajar, Kurva Belajar”

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra