KumpulBlogger

31 Juli 2010

Analisis Peramalan BBM Jenis Premium

Peranan peramalan sangat penting bagi suatu perusahaan dalam menjalankan ekonomi bisnisnya, terutama dalam menyusun perencanaan produksinya. Dengan menggunakan metode peramalan diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menentukan tingkat produksinya yang sesuai dengan permintaan konsumen di masa yang akan datang.

Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi pola penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di SPBU Pahlawan Asri Bandung, (2) Mendapatkan metode peramalan yang terbaik berdasarkan pola data penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium, dan (3) Mendapatkan hasil peramalan sehingga dapat menjadi acuan dalam perencanaan strategi pemasaran yang mungkin diterapkan di SPBU Pahlawan Asri Bandung.

Metode yang digunakan untuk meramalkan penjualan yaitu dengan menggunakan metode Single Moving Average, Double Moving Average dan Single Exponential Smoothing. Data yang digunakan adalah data penjualan dari bulan Nopember 2008-Oktober 2009 dan peramalan yang dilakukan adalah untuk satu tahun kedepan yaitu bulan Nopember 2009-Oktober 2010.
Berdasarkan hasil pengumpulan data, maka pola data penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di SPBU Pahlawan Asri Bandung bulan Nopember 2008-Oktober 2009 berbentuk stationer. Setelah dilakukan perhitungan, diperoleh hasil ramalan bulan Nopember 2009-Oktober 2010 adalah berfluktuasi. Penjualan yang akan terjadi pada bulan Nopember 2009-Oktober 2010 tersebut diramalkan tidak terlalu jauh dari penjualan aktual yang telah terjadi pada bulan-bulan sebelumnya.

Penentuan metode peramalan yang terbaik dilakukan dengan cara mengukur tingkat kesalahan peramalan dari masing-masing metode tersebut, melalui pencarian nilai rata-rata kesalahan peramalannya, yaitu Mean Absolut Error (MAE), Standard Deviation Error (SDE) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE ).

Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode peramalan yang terbaik yang digunakan oleh SPBU Pahlawan Asri Bandung dalam melakukan peramalan penjualannya adalah metode Single Moving Average (3 periode) yang menghasilkan nilai Mean Absolute Error (MAE) sebesar 148,684.15, nilai Standard Deviation Error (SDE) sebesar 211,122.90, serta Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 0,13. Penerapan metode peramalan yang tepat dan terarah dapat menunjang perusahaan untuk melakukan penjualan yang optimal dalam rangka meraih tingkat keuntungan yang maksimal.



File lengkap dalam bentuk .doc, silahkan download pada link di bawah ini.

Download disini


Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 1
beny m mengatakan...
pada hari 

BBM akan terus naik...
kasian rakyat.
dima keadilan

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra