19 Februari 2009

Bercengkrama Dengan Monyet, Pulau Kembang Banjarmasin

Ada satu pulau yang unik menurut saya di Kalimantan selatan? Kenapa saya katakan demikian karena pada pulau ini pengunjung pulau akan disambut oleh ratusan monyet yang terdiri dari beberapa jenis. Nama pulau juga unik yaitu pulau kembang. Tapi aneh namanya pulau kembang kok tidak banyak kembang atau bunga di pulau ini? Pulau ini setiap harinya banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari pulau Kalimantan sendiri maupun dari luar pulau Kalimantan. Bahkan acara tv anak “Si Bocah Petualang” atau Si Bolang dari Banjar juga beberapa waktu yang lalu shooting di pulau ini. Pada pulau ini monyet-monyet sudah jinak dengan setiap pengunjung yang datang bahkan moyet kadang-kadang sampai naik ke badan pengunjung dan apabila hal tersebut terjadi itu artinya pengunjung memiliki hoki bagus, mendapat berkah, atau apa namanya, intinya pengunjung tersebut memiliki peruntungan yang baik. Begitu kira-kira yang akan dikatakan oleh pawang monyet di pulau kembang yang mengantar pengunjung untuk berkeliling.


Sebenarnya status Pulau Kembang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian pad
a tanggal 1 Januari 1976. Pulau Kembang memiliki luas sekitar kurang lebih 60 hektar. Vegetasi pada pulau ini banyak di dominasi oleh tumbuhan bakau karena pengaruh dari pasang surutnya Sungai Barito. Hutan bakau Pulau Kembang selain di huni oleh ratusan monyet juga merupakan tempat yang nyaman untuk berkembangnya kepiting, udang, kerang pantai, ular, burung bangau, dan hewan yang lainnya. Terdapat juga tumbuhan lain yang dapat ditemui pada pulau ini seperti nipah, panggang (Ficus sp), waru, jingah, pandan.

Pengunjung akan merasa senang berada di Pulau Kembang ini karena melihat monyet ekor panjang, bakatan yang begitu banyak serta jinak sepertnya hendak bercengkrama dengan pengunjungnya. Mereka akan mengikuti pengunjung yang banyak membawa buah-buahan seperti pisang, kacang tanah atau makanan yang lainnya. Mereka akan sabar menuggu pengunjung memberikan makanan-makanan tersebut namunpun demikian harus tetap hati-hati karena tidak jarang juga barang-barang pengujung yang lain diambil/dirampas oleh monyet yang nakal lalu di bawa ke atas pohon, jadi harus hati-hati intinya. Di pulau ini sangat cocok apabila kita mengajak orang-orang terdekat kita, seperti keluarga karena begitu asri menyusuri hutan bakau yang rimbun. Tidak usah takut kotor karena jalan aksesnya sudah ada jembatan yang terbuat dari kayu ulin untuk menyusuri masuk ke dalam hutan bakau. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari kota Banjarmasin membuat Pulau Kembang sebagai alternative liburan anda dan keluarga yang patut di perhitungkan dari daftar tempat hiburan akhir pekan yang menyenangkan dan pasti mengesankan.

Di Pulau Kembang juga terdapat tempat yang di anggap keramat yang sering dijadikan tempat sembayang dan menaruh semacam sesajen bagi sebagian pengunjung yang ingin mendapat rejeki atau ingin meminta berkah dan semacamnya dari tempat tersebut. Tempat keramat tersebut juga terdapat dua patung kera (Hanoman) yang berdiri kokoh pada sisi kiri dan siisi kanan tempat menaroh sesajen. Tempat tersebut di jaga oleh seorang juru kunci juga jadi akan sambut oleh juru kunci tersebut apabila ingin menyampaikan doa dan permohonan. Pengunjung dapat bersama-sama memohon doa dengan juru kunci tersebut. Percaya atau tidak tapi hal tersebut yang banyak di lakukan oleh sebagain pengunjung yang datang. Secara logika apakah akan terkabul doa-doa apabila meminta sesuatu di tempat tersebut? tapi itulah yang banyak terjadi. Kembali lagi pada kepercayaan pengunjung masing-masing. Saya tidak bisa berkomentar banyak.

Apabila ke Pulau Kembang kita hanya perlu naik kelotok (perahu bermesin) dari pasar terapung yang cukup terkenal oleh masyarakat Banjar bahkan pengunjung yang sudah pernah berkunjung langsung ke pasar terapung tersebut pasti tidak pernah melupakan pesona dari pasar tersebut. Jarak yang tidak terlalu jauh dari pasar terapung membuat Pulau Kembang wajib di kunjungi yang hanya kira-kira butuh waktu 15-20 menit kita langsung sampai dan di sambut oleh monyet-monyet yang siap menanti kedatangan anda. Untuk masuk ke Pulau Kembang pengunjung akan di kenakan karcis dan tenang terlalu mahal masih terjangkau dengan dompet kita. Pulau ini layak menjadi tempat liburan Anda dan keluarga, sahabat, teman. Selamat mengunjunginya.

Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 2 comments ke “Bercengkrama Dengan Monyet, Pulau Kembang Banjarmasin”
bil mengatakan...
pada hari 

wah info baru nih bwat gw..

Anonim mengatakan...
pada hari 

Is there anymore information you can give on this subject. It answers a lot of my questions but there is still more info I need. I will drop you an email if I can find it. Never mind I will just use the contact form. Hopefully you can help me further.

- Robson

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra