KumpulBlogger

22 April 2011

Lindungi Anak-anak Anda Saat Berselancar di Internet

Setiap orang zaman sekarang pasti mengenal dunia maya (baca: internet). Asalkan ada koneksi dengan (misal: speedy salah satu produk dari telkomsel) atau tanpa kabel telepon (menggunakan modem misalnya) tentu sudah dapat berselancar (browsing) didunia maya. Siapa yang tidak mengenal mesin pencari (acung tangan ke atas, absen dulu. hehe bercanda.) kembali lagi pada jalur seperti mbah google dan yahoo, juga jejaring sosial seperti facebook, friendster, myspace, twitter dan masih banyak lagi. Mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen, karyawan kantor, ibu rumah tangga, rakyat biasa sampai para pejabat negara misalkan ditanya pasti mengetahui. Internet begitu sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari.

Hal tersebut diatas didukung dengan zaman yang semakin maju seperti zaman sekarang ini. Kita secara tidak langsung harus mengetahui dan memang harus sudah saatnya mengenal dan mengetahui internet. Sekarang Saya katakan sebagai era/zaman informasi dan teknologi. Siapa yang tidak mengenalnya akan ketinggalan kereta (baca; ketinggalan informasi) dibandingkan dengan yang lain (teman, saudara, sahabat, keluarga) yang mengenalnya. Semuanya bisa dipelajari, pepatah mengatakan: dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar hal yang baru jika jawabannya mau. Bayangkan saja bila ada kasus begini: tiba-tiba bos Anda yang sedang dinas keluar kota dan Ia minta dikirimkan file proyek via email yang ada dikomputer kantor tempat Anda bekerja. File tersebut sangat diperlukan katanya mendesak Anda. Seandainya kita tidak mengetahui cara mengirimkan file tersebut bagaimana jadinya? Bisa-bisa akan kalang kabut dan pada akhirnya Anda meminta bantuan teman kantor yang mengerti dan bisa memenuhi permintaan si Bos (atasan Anda) tadi. Disini kita telah ketinggalan satu langkah dibandingkan dengan teman kerja tadi yang bisa mengirimkan file proyek via email untuk atasan. Atau Anda bisa saja dianggap kurang gaul atau masih katro oleh rekan/teman kerja Anda kalau begitu. Disini kita melihat manfaat yang dapat peroleh dengan mengenal internet, misalnya mengirim, membaca, dan menerima email dari atasan, teman, rekan kerja, dan orang lain yang mengenal Anda.

Internet diibaratkan seperti pisau bermata dua. Memiliki sisi positif dan negatif dan tergantung mau menggunakan sisi pisau yang mana. Pilihlah sisi pisau yang bermanfaat. Sisi positif seperti contoh kasus diatas. Memudahkan pengiriman file melalui email, memudahkan mencari bahan untuk berlajar, dll sebagai manfaat yang dapat kita peroleh. Sedangkan sisi negatif internet misalnya digunakan untuk membuka situs yang kontennya untuk orang dewasa. Apabila hal tersebut dilakukan oleh anak-anak yang masih dibawah umur akan sangat berbahaya sekali. Mereka bukan mendapatkan hal yang positif dari internet malah hal yang sebaliknya. Hal ini perlunya pengawasan dari orang tua disaat anak-anak mereka berselancar didunia maya apalagi sekarang hampir setiap rumah telah memiliki koneksi ke internet. Masalahnya, orang tua tidak bisa setiap saat memantau dan mendampingi anak-anak mereka saat menggunakan internet. Hal ini dikarenakan kesibukan sehari-hari yang padat. Dibawah ini ada sebuah software yang digunakan untuk melindungi anak-anak saat berselancar didunia maya. Tinggal dipasang/install software tersebut pada komputer dirumah, sekolah yang digunakan dengan terlebih dahulu didownload pada link yang tersedia.

Langkah-langkah yang dilalui untuk mendapatkan, memasang dan melindungi browser komputer dirumah, sekolah untuk berselancar didunia maya seperti berikut:
a. Langkah 1: Buka alamat/URL berikut: http://www1.k9webprotection.com/ pada jendela browser Anda (misal: Mozilla Firefox, Google Crome, Internet Explorer).
b. Langkah 2: Cari dan klik tulisan “FREE DOWNLOAD” setelah jendela URL diatas terbuka.


c. Langkah 3: Setelah jendela FREE DOWNLOAD terbuka, pilih Get K9 free for your home. Isi dulu data yang diminta seperti nama depan, nama belakang, email, site protection Anda ketahui dari mana, misal: search engine, family/friend, dll. Misal dari teman yang dipilih sertakan alamat email teman yang memberitahu Anda. Pada gambar saya mengetahuinya melalui search engine yaitu www.google.com. Pengisian data tersebut digunakan untuk mendapatkan license key yang dikirim pada email yang kita berikan serta key itu nanti diminta pada saat install software berlangsung pada komputer yang ingin dilindungi. Setelah semua data yang diminta selesai diisi klik Request License. Selengkapnya terlihat pada gambar dibawah ini.

d. Langkah 4: Setelah Anda klik Request License akan ada konfirmasi bahwa Key License telah dikirim ke email yang anda input pada langkah 3 sebelumnya. Buka email Anda dan copy atau catat key license tersebut untuk digunakan saat install nanti.
e. Langkah 5: Klik Download Software pada jendela yang sama. Setelah terbuka terdapat dua pilihan, pertama untuk pengguna Windows (Xp/Vista/7). Kedua untuk pengguna Mac OSX. Pilihlah pilihan yang pertama. Setelah proses download selesai, cari k9-webprotection.exe pada folder tersimpan. Setelah ditemukan Double klik pada k9-webprotection.exe untuk proses install dimulai. Masukkan key license saat diminta untuk melanjutkan instalasi sampai selesai.




f. Langkah 6: Bukalah program web protection yang telah selesai diinstall pada komputer Anda. Masukkan password yang mudah Anda ingat sebagai kunci untuk pengaturan protection web yang boleh di akses atau yang tidak boleh pada jendela k9 Web Protection Administration. Jangan sampai lupa password tersebut dikemudian hari.
g. Langkah 7: Settinglah menurut selera Anda setelah jendela k9 Web Protection Administration terbuka terutama pada tab Setup. Anda bisa memilih High, Default, Moderate, Minimal, Monitor dan Custom Protect kategori. Sekali lagi atur sesuai selera Anda. Begitu juga untuk tab View Internet Activity, tab Home dan tab Get Help pada deretan atas. Juga Anda bisa atur pada Web Categories to Block, Time Restrictions sampai ke K9 Update pada deretan sebelah kiri. Setelah pengaturan selesai jangan lupa klik Save lalu Logout.



h. Langkah 8: Contoh akses website yang tidak diperbolehkan (misal: content dewasa). Selamat mencoba memasang software diatas untuk melindungi anak-anak pada saat berselancar di dunia maya. 


Semoga info ini bermanfaat bagi semua pembaca sekalian. Salam mencoba.



Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 0 comments ke “Lindungi Anak-anak Anda Saat Berselancar di Internet”

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra