KumpulBlogger

11 Agustus 2009

Inventory Tak Tentu

Persediaan (inventory) tak tentu ditandai dengan minimnya informasi yang dimiliki sehingga sulit untuk memperkirakan parameter populasinya. Diketahui juga parameter populasinya hanya sebagian saja ini karena permintaan yang tidak beraturan maupun kedatangan barang yang tidak dapat diprediksi secara akurat. Yang menjadi permasalahan dalam persediaan tak tentu adalah menentukan ukuran pemesanan yang optimal sehingga dari sisi keuntungan menjadi maksimum sedangkan dari sisi ongkos/biaya yang minimum.


Dalam inventory tak tentu tidak dimungkinkan pemesanan ulang (ROP) dilakukan karena:
a.Musim penjualan berakhir sangat singkat yang diakibatkan oleh timbulnya permintaan yang sangat singkat sehingga tidak ada kesempatan untuk mengadakan pemesanan ulang, seperti permintaan pohan natal hanya sekali dalam satu tahun.
b.Barang yang dipesan tidak diproduksi lagi karen model atau teknologinya telah mengalami perubahan, karena itu barang atau komponen yang terkait tidak mungkin dilakukan pemesanan ulang.
c.Biaya yang dikeluarkan untuk pemesanan ulang sangat mahal sehingga pemesanan ulang menjadi tidak ekonomis lagi.

Parameter pokok inventory tak tentu yaitu:
a.Harga awal beli barang per unit dari agen/supplier.
b.Harga jual kembali barang per unit kepada konsumen.
c.Ongkos kekurangan barang per unit akibat tidak mampu memenuhi permintaan konsumen yang ada pada saat musim penjulan berlangsung. Permintaan melebihi persediaan yang ada.
d.Harga jual barang per unit apabila terjadi kelebihan persediaan. Dapat dikatakan sebagai harga obral barang akibat persediaan terlalu banyak sedangkan permintaan sedikit



Donwload File Lengkapnya DI SINI



Related Posts :



Widget by Hoctro | Jack Book

Komentar :

ada 0 comments ke “Inventory Tak Tentu”

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar apabila Anda merasa puas/tidak puas dengan judul postingan ini. Terima Kasih. Berkunjung lagi di lain waktu

KumpulBlogger

Ayat Hari Ini

Reader Community

My PageRank

Mari Tukaran Links

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra